Label

Kamis, 07 Juni 2012

Elektronik canggih

Detak Jantung Pembalap MotoGP Bisa Ditonton Live…!!!

Yang kemarin nonton Moto2 pasti sempat mengintip adanya heartbeat detector, atau alat ukur detak jantung. Pembalap bisa ketahuan berapa detak jantungnya saat sedang memacu motornya. Menurut P2R sih fitur ini keren banget.

Kita bisa tahu seberapa tegang si pembalap saat melakukan manuver tertentu. Makin kencang bisa jadi makin tegang, tapi kalau lambat bisa jadi lebih tenang. Tenang atau enggak yang digambarkan lewat detak jantung ini juga tergantung pada kesiapan fisik dan mental sang pembalap.

Kalau rajin latihan fisik, pernafasan dan terbiasa dengan tekanan, bisa jadi detak jantungnya memang cepat tapi tetap normal. Misalnya seperti ketika Thomas Luthi tiba-tiba mendahului Iannoner, jantungnya berdetak kencang sampai 177 kali per menit. Buktinya tetap santai saja tuh.

Pada orang dewasa yang sehat saat sedang istirahat denyut jantung yang normal adalah sekitar 60-100 denyut per menit. Kalau sedang olah raga bisa sampai 150 detik per menit. Lah, Luthi sudah lebih dari 170 detik per menit. Ueeeedan….!!!

Asik kali ya kalau suatu saat ada dua pembalap yang sedang duel, heartbeat detector ini ditampilkan. Jadi bisa tahu mana yang lebih tenang dan tetap berkonsentrasi. Mudah-mudahan seri depan fitur ini sudah ada di kelas MotoGP.

http://proud2rideblog.com/2012/06/06/detak-jantung-pembalap-motogp-bisa-ditonton-live/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar